Sabtu, 25 Agustus 2012

Sejarah Panjat Pinang Di Indonesia

Yang Terbaru - Tahu gak permainan panjat pinang? Itu tuh sebuah pohon pinang yang tinggi, terus dilumuri dengan minyak. Lalu di bagian atas pohon tersebut disiapkanberbagai hadiah menarik.

Nah, karena batang pohon tersebut licin (udah di lumuri pelumas), para peserta sering kali gagal sampai ke atas. Akal dan kerja sama dari para pesertasatu-satunya carauntuk berhasil. Permainan ini mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan yang rela berkorban dan nggak pernah menyerah untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita.

Permainan tradisional ini seringkali diadakan ketika memperingati Hari Kemerdekaan Negara Indonesia. Panjat pinang ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lomba ini sering diadakan oleh Belanda jika sedang mengadakan acara besar.

Dulu, hadiah yang di perebutkan biasanya berupa bahan makanan serta pakaian. Gak disangka, budaya yang biasanya di bawakan oleh Belanda, sekarang dilestarikan oleh bangsa indonesia. Walaupun tradisi ini berasal dari Belanda, panjat pinang tetap di pandang unik di indonesia karena memiliki pesan dan kesan yang bermakna


2 komentar:

  1. Gan, saya dari blog agoengsang.. ane mau tuker link teman..
    Nama : Agoengsang | Personal Blog & Sharing More
    URL : http://agoengsang.blogspot.com
    ------------------------------------------------
    agan silakan koment diblog ane lagi buat nama dan url agan.. OKE? Salam Kenal.. :D

    BalasHapus

"Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Kalian..!!"

Freeware Download